Toyota Rush 2018 Review dan Spesifikasi

tirto.id – All New Toyota Rush 2018 resmi diluncurkan pada Kamis (23/11/2017) kemarin dengan dua tipe yaitu G dan TRD Sportivo yang menawarkan desain eksterior dan interior serba baru.

Salah satu keunggulan Rush generasi kedua ini terletak pada mesinnya yang sudah menggunakan Dual VVT-i (2NR) berkapasitas 1500 CC. Sementara Rush generasi sebelumnya, menggunakan mesin VVT-i berkapasitas 1.495 CC. Mesin Dual VVT-i 2NR ini juga sudah digunakan oleh Sienta dan Veloz.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga yang cukup untuk kendaraan tujuh penumpang serta efisiensi bahan bakar yang diklaim lebih baik 10 persen dari model sebelumnya.

Agar pengemudi dan penumpang semakin merasa nyaman, sistem suspensi menerapkan pengaturan yang lebih baik dengan tambahan stabilizer di bagian belakang. Tingkat kebisingan juga menjadi jauh berkurang dibandingkan model sebelumnya.

Selain mesin, perbedaan All New Rush dari generasi sebelumnya juga terletak pada interiornya. Interior All New Rush didesain dengan konsep “True 7 Seater SUV” yang dilengkapi dengan 7 seatbelt tiga titik dan 7 head rest.

Dengan jarak bangku baris ke dua dengan bangku baris ketiga sebesar 700 mm, penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya. Dan ini masih menyisakan ruang yang luas untuk tempat bagasi. Panjang bagasi All New Rush mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan sebelumnya.

“Interior All New Rush memang di desain untuk menunjang kebutuhan penggemar SUV yang berkarakter dinamis. Mereka tidak hanya butuh sensasi sporty, tapi juga ruang interior yang luas, termasuk untuk bagasi,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto,

Khusus untuk tipe TRD Sportivo, bagian panel depan dilapisi dengan material yang lembut agar terlihat semakin eksklusif. Interior dilengkapi dengan desain dashboard yang memancarkan nuansa ketangguhan All New Rush sebagai kendaraan SUV. Dengan posisi duduk All New Rush yang tinggi (comanding type) layaknya SUV, memberikan jarak pandang yang lebih luas dan jauh.

Interior juga dilengkapi overhead console box untuk tempat kaca mata dan juga map lamps. Secara keseluruhan, mobil ini mempunyai 13 cup holder yang dapat digunakan untuk menyimpan botol minuman.

Sementara, untuk dimensi, sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya yang berdimensi 4.420 x 1.745 x 1.740 mm. Lebar All New Rush 2018 1.685 mm dengan tinggi 1.705 mm dan jarak antar roda (wheel base) 2.685 mm sama dengan sebelumnya.

All New Rush memiliki dimensi yang lebih lapang karena lebih panjang 230 mm dibandingkan model sebelumnya, menjadi 4.435 mm dengan menempatkan ban serep di bagian bawah lantai belakang.

All New Rush hadir dalam dalam 6 warna yaitu white, silver mica metallic, black mica, red mica metallic, bronze mica metallic, dan bordeaux mica.

Fitur keamanan dan keselamatan semua tipe All New Rush pun ditingkatkan dengan menggunakan Anti-lock Braking System (ABS) untuk mengurangi risiko tabrakan, Hill Start Assist Control (HSA) agar lebih percaya diri saat melewati jalan mendaki, Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga kestabilan saat menikung. Mobil ini juga dilengkapi 6 airbags.

Untuk harga, Toyota akan mengumumkan harga resmi pada 2018 dengan perkiraan akan lebih murah atau lebih mahal sebesar Rp3 juta rupiah jika dibandingkan harga jual Rush saat ini antara Rp239,9 juta untuk tipe bawah hingga Rp267,8 untuk tipe tertinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *